Without Card in Minimart

crdt-card.jpg

Satu hal yang paling tidak saya sukai saat belanja di Minimart adalah harus bayar tunai!

Kenapa?

Seringkali saya belanja tidak hanya bulanan tetapi sudah mingguan. Kalau belanja bulanan saya lebih cenderung belanja di Hypermarket. Tapi kalau belanja mingguan, dari pada buang energi banyak ke Hypermarket, mending saya ke Minimarket deh.

Kenapa?

Alasan pertama adalah dekat. Yang kedua, antriannya nggak panjang. Dua hal itu yang tidak saya dapatkan di Hypermarket, baik itu Carrefour, Giant, Hypermart. Walaupun mereka berusaha menambah jumlah kasir, dan menyediakan parkir yang luas dan gratis. Tetap saja jikalau masuk akhir/awal bulan, usaha itu jadi sia-sia.

Cuma, ada satu hal yang tidak saya dapatkan di Minimarket, baik itu Alfamart maupun Indomart. Yakni, tidak bisa membayar dengan kartu, baik itu debet maupun kredit. Kalaupun ada seperti Indomaret, itupun terbatas untuk Kartu BCA saja. Sedangkan Alfamart lebih parah lagi, tanpa kartu sama sekali, kredit maupun debet, dan dari bank manapun.

Padahal seringkali saya belanja lebih dari 50 Ribu. Dan kalau sudah begitu saya paling malas untuk bayar tunai. Salah satunya adalah dengan saya membayar memakai kartu debet, jumlah yang saya bayar itu pas, tidak lebih dan tidak kurang!

Jadi saya tidak akan mendapat kembalian berupa permen!

Tapi kenapa ya pengelola Minimarket enggan menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu? Dugaan saya, mungkin masalah biaya. Siapa tahu dengan memasang terminal pengelola harus mengeluarkan sejumlah biaya tertentu, yang belum tentu menguntungkan dari sisi bisnis.

Menurut saya, akan lebih baik untuk outlet-outlet di daerah tertentu fasilitas pembayaran dengan kartu hukumnya wajib. Terutama di daerah dengan konsumen berdaya beli yang tinggi. Karena konsumen seperti itu akan terus mencari yang namanya kemudahan.

3 thoughts on “Without Card in Minimart

  1. sebenarnya, keluhan ini diartikannya luas sekali….
    penggunaan kartu, baik debit maupun kredit sedikit banyak akan menimbulkan antrian, jadi memang strateginya minimart untuk tidak menggunakan cara nontunai supaya tidak ngantri,hal ini kan yang dirasakan oleh anda.

    kedua, kelihatannya anda tidak menggunakan planning dalam berbelanja, sehingga belanja anda yang mingguan berjumlah cukup besar, saran saya, usahakan yang namanya belanja mingguan itu tidak pernah lebih dari 50 ribu /visit, jadi kalau setiap kita belanja di minimart lebih dari 50 ribu, yah, ngapain belanja bulanan , dong…

    ketiga, ada beberapa bidang usaha yang lebih parah lagi dari minimart, biayanya besar (kadang diatas 500 ribu), tapi tanpa menyediakan mesin debet/kredit card, misalnya dokter gigi dan bengkel (motor ataupun mobil), tapi penggunanya adem ayem aja tuh. yah, saya simpulkan hal tersebut karena kalau bengkel dan dokter gigi sifatnya tidak impulse melainkan telah diplanning, sehingga ketika kita menuju kesana tentunya kita sudah memiliki budget untuk dibelanjakan. Cara ini kan bisa diterapkan juga apabila kita ke minimart, yaitu rencanakan dulu apa saja yang perlu dibeli dan sediakan uang sesuai dengan rencana tersebut.

    we can not move the mountain below our feet, but we can climb the mountain step by step. jadi ya, jika memang sistem diluar sana tidak berubah, kalau memang bisa kita siasati dengan perubahan dari dalam diri kita sendiri, yah, just do it.

  2. Iya tuh, kok kayaknya sedikit agak gimanaaa… gitu…
    Saya aja kemaren nyoba pake kartu di indomaret, operatornya kayaknya gak terlalu paham cara make EDCnya….
    Rekening saya udah kedebet, tapi gak bisa di entry ke komputer kasirnya. akhirnya saya tetep diminta bayar tunai, alasannya katanya tadi transaksi yg via EDC udah di reverse. Tapi sampe sekarang, rekening saya belom dapat reversal seperti yg dia katakan. Jadi belanja kemaren itu saya mbayar 2x, lewat kartu sekaligus tunai.

    Emang gak seberapa, cuman ya kok nggak ada itikad baik dari sana buat nyelesaikan masalah. Kan jadi takut kalo pake kartu lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.