Carrefour VS Pedagang Pasar Tradisional

Kehadiran Carrefour di beberapa tempat, mendapat tentangan yang cukup keras dari pedagang tradisional setempat.

 

Umumnya mereka menolak kehadiran Carrefour dengan alasan jarak yang terlalu dekat dengan lokasi mereka berdagang, sehingga ditakutkan mereka tidak dapat bersaing dengan segala yang ditawarkan oleh Carrefour. Baik itu dalam hal tempat yang lebih nyaman, harga murah, produk yang lebih variatif.

 

Carrefour Cileduk berada di CBD Cileduk, yang berjarak hanya 150 meter dari pasar Plaza Cileduk. Sedangkan Carrefour Blok M rencananya akan berada di Blok M Square dimana sebelumnya merupakan Pasar Blok M yang kemudian terbakar.

 

Dari yang sudah ada, perlawanan pedagang tradisional ada beberapa cara. Dengan menyuarakan keluhan mereka ke media atau DPRD/Pemda hingga mengadukan gugatan ke pengadilan.

 

Salah satu yang melakukan gugatan ke pengadilan yakni pedagang Pasar Blok M. Mereka dulunya adalah pedagang dengan status pemegang surat izin pemakai tempat usaha di lokasi dibangunnya Blok M Square.

 

Tapi gugatan mereka kandas. Di putusan Hakim, tanggal 20 November 2007, gugatan mereka ditolak dengan alasan hak mereka sebagai pedagang tidaklah hilang didalam pembangunan kembali Blok M Square d/h Pasar Blok M, dan kehadiran Carrefour tidak bisa dikatakan merugikan pedagang karena memang Carrefournya sendiri belum ada di situ. Meskipun sudah jelas bahwa kelak Carrefour akan menempati salah satu lantai di Blok M Square.

 

Keadaan diatas, kelak masih akan terulang ditempat lain, sepanjang Pemerintah belum menetapkan aturan yang jelas mengenai Pasar Moderen dan Tradisional.

 

Kehadiran Hypermarket seperti Carrefour atau Giant, dilain pihak bagi pemerintah dianggap sebagai sarana untuk mengurangi pengangguran. Karena satu outlet akan menyerap tenaga kerja dari berbagai strata. Selain itu pemerintah juga mendapat masukan pajak dengan kehadiran mereka.

 

Dengan kondisi semacam ini, Pemerintah harus bisa menempatkan diri sebagai wasit yang adil, dan juga tidak melupakan sebagai fasilitator yang baik bagi kehadiran investor bermodal besar baik itu asing maupun lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.