Bulan Ramadhan, Bulan Pengeluaran

Bulan Ramadhan adalah Bulan Berkah. Ya itu benar, dan yang benar lagi adalah Bulan Pengeluaran besar-besaran bagi rumah tangga di Indonesia. Semua orang seolah-olah melupakan sejenak kenaikan harga minyak beberapa bulan lalu.

Padahal efek dari kenaikan harga minyak masih terasa hingga sekarang. Inflasi tahunan hingga Agustus 2008 ini sudah mencapai 11.85%. Dan diperkirakan hingga akhir tahun akan mencapai kisaran 11.5 – 12.5%.

Jadi jika anda seorang karyawan, dan hanya mengandalkan gaji anda, siap-siap saja mengencangkan ikat pinggang seandainya kenaikan gaji anda kurang dari 11-5-12.5%. Artinya nilai uang yang anda terima akan turun.

Tapi, itulah uniknya orang Indonesia. Kecemasan tidak tampak, terlebih sudah memasuki Bulan Ramadhan kali ini. Orang berpuasa tidak makan dan minum dari pagi hingga petang, yang seharus merupakan penghematan, menjadi ajang balas dendan di malam harinya.

Pasar penuh. Orang sibuk berbelanja buat persiapan buka puasa. Resto-resto penuh dengan acara berbuka puasa, yang terkadang melupakan kewajiban Sholat Maghrib. Trolly-trolly hypermarket penuh berisi belanjaan.

Itu diawalRamadhan, nanti begitu memasuki tengah bulan, gantian orang berburu dari pakaian hingga sepatu baru.

Tunjangan Hari Raya, seolah hanya mampir sebentar di dompet. Hanya terhitung mungkin beberapa hari, setelah itu sudah berubah bentuk.

Padahal kalau kita tahu, Bank Indonesia sendiri sudah menaikkan 2 kali dalam waktu terakhir ini Suku Bunga Bank Indonesia atau BI Rate. Terakhir di awal September ini, menjadi 9.25%. Pasti akan naik, seiring dengan kenaikan inflasi yang terjadi.

Dan sudah terjadi bertahun-tahun, saat Ramadhan dan Idul Fitri, inflasi pasti melonjak. Dan selanjutya di akhir tahun, saat Natal dan Tahun Baru.

Inflasi melonjak, berarti BI Rate naik, dan pasti Bunga Bank naik juga. Yang punya pinjaman, siap-siaplah menerima kenaikan tagihan…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.