Penjualan Anjlok, Retailer Dunia Menjerit.

Retailer kelas dunia mulai merasakan dampak dari krisis ekonomi yang terjadi di Amerika dan Eropa. Seperti diberitakan New York Times, penjualan retail selama bulan Oktober 2008 anjlok drastis.

Retailer seperti J.C. Penney, Nordstrom, Gap, Saks merasakan pahitnya krisis di bulan Oktober ini. Sungguh tragis, terlebih tinggal beberapa minggu lagi liburan natal akan tiba. Hanya beberapa retailer yang masih merasakan kenaikan penjualan di bulan Oktober ini yakni Wal-Mart dan BJ’s Wholesale Club.

Alasan yang paling banyak dikemukakan konsumen adalah tingginya tingkat pengangguran. Hal ini berakibat konsumen mengatur pengeluarannya sedemikian ketat disesuaikan dengan daya beli yang merosot tajam.

Sementara itu Bos Tesco, Sir Terry Leahy, menekan Bank Sentral Inggris untuk menurunkan tingkat suku bunga. Hal ini untuk meningkatkan kepercayaan dan daya beli konsumen yang menurun drastis. Peningkatan daya beli dipercaya akan meningkatkan performa retailer menjelang datangya liburan natal dan tahun baru.

One thought on “Penjualan Anjlok, Retailer Dunia Menjerit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.