7-Eleven, Akankah Berhasil?

Gempa dunia retail Indonesia yang diserbu pemain asing sepertinya masih akan berlanjut. Setelah masuknya Lotte melalui akusisi Makro, pemain lain yang dikabarkan akan masuk adalah 7-Eleven.

Masuknya 7-Eleven ke ranah retail Indonesia bisa jadi akan lebih mengguncang secara riil dibandingkan Lotte. Karena dilihat dari jenis tokonya. Lotte setelah membeli Makro, belum mengumumkan secara resmi bentuk toko yang akan dikembangkan disini. Apakah sama dengan konsep Makro yang lama, atau membawa salah satu konsep toko yang dia punyai di negara asalnya ke Indonesia.

Sedangkan 7-Eleven sering digolongkan Convenience Store atau kalau boleh dibandingkan dengan jenis toko yang ada di Indonesia paling mirip dengan konsep Mini Market ala Indomaret dan Alfa Mart. Tentu ada beberapa jenis perbedaan disana sini.

Tetapi masuknya 7-Eleven ke Indonesia akan melalui jalan yang sedikit berliku. Karena terbentur dengan adanya aturan bahwa pemain asing di bidang retail ini minimal mempunyai luas toko 1200 m2 sesuai dengan Peraturan Presiden No 111 tahun 2007 mengenai Daftar Negatif Investasi (DNI). Jadi 7-Eleven harus mempunyai luas lebih dari 1200 m2. Tentu hal ini akan sulit diwujudkan jika ingin tetap sebagai convenience store. Karena umumya convenience store mempunyai luas kurang dari 1200 m2.

Cara lain yang bisa ditempuh adalah melalui franchise. Karena dengan franchise aturan tersebut diatas tidak berlaku. Karena melibatkan investor perorangan di dalam negeri. Peluang melalui franchise ini bukan tidak mungkin yang akan ditempuh oleh 7-Eleven. Jika dilihat dari ketertarikan pebisnis Indonesia terhadap bisnis franchise dari luar masih tinggi, peluang untuk berhasil masih terbuka lebar.

Meskipun tidak menutup kemungkinan bisa juga akan gagal tergantung sekali dengan strategi yang akan dipakai. Jika head to head dengan Alfamart atau Indomaret yang jaringannya sudah sampai pelosok daerah bisa jadi jalan yang akan ditempuh 7-Eleven akan terjal. Mungkin hanya ceruk pasar yang akan coba diraih. Karena hal ini terkait dengan beberapa hal yakni lokasi outlet, product assortment, harga barang yang ditawarkan ke konsumen, dan lain sebagainya. Dan memang menarik untuk dicermati kiprah dari peritel asing di Indonesia. Jika 7-Eleven berhasil menggoyang pasar, bukan tidak mungkin pemain lain akan segera antri.

Bagaimana dengan pemain lokal?

Sejauh ini hanya dua pemain tersebut yang sepertinya paling siap berperang di area retail ini. Karena mereka sudah terbiasa bersaing antara satu dengan yang lain. Belum lagi kuatnya jaringan pendukung yang ada dibelakangnya terutama supply produknya. Tentu hal ini salah satu titik kekuatan mereka berdua yang sampai sekarang masih berupaya untuk menjadi nomor satu di area minimarket ini.

Kita tunggu saja.

26 thoughts on “7-Eleven, Akankah Berhasil?

  1. Hmm… 7Eleven…
    cukup menarik jika memang akan mulai memperkuat bisnisnya di Indonesia…

    jika belajar dari keberadaan Circle K yang juga memiliki predikat convenience store… maka sangatlah mungkin akan mengalami nasib serupa dengan Circle K…

    jika diperhatikan lebih seksama, sepertinya modern convenience store akan berhasil di lingkungan dengan mayoritas SEC A

    karena untuk sebagian besar orang indonesia dengan SEC B,C… konsep convenience store yang dapat diterima adalah kios kaki lima atau warung…

    menawarkan konsep yang hampir sama menyediakan small daily needs, buka 24 jam atau bisa digedor oleh pembeli..

    bahkan mungkin lebih kompetitif karena harga bisa bersaing karena tidak menyertakan komponen pajak karena operation hour 24 jam…

    kita lihat saja 7Eleven akan bermain dengan konsep seperti apa…

    go warung… go traditional convenience store…

  2. satu hal yang ingin saya tanyakan yaitu apakah betul 7-eleven akan meng akuisisi fuji image flaza??? karena untuk dapat beroperasai sekaligus dalam jumlah banyak dalam setahun rasanya sulit karena pertumbuhan retail lokal ( alfamart & Indomart )sendiri sudah sangat kompetitif mengingat lahan yang semakin sulit jadi rasanya untuk dapat beroperasi tanpa adanya “bantuan” dari dalam rasanya sulit.
    satu hal yang pasti lahan pekerjaan dalam dunia retail terbuka lebar dan persaingan semakin ketat… selama itu sehat maju terus

  3. setahu saya 7-eleven itu bukan minimarket lho,jauh banget, yang dijual gak sama. Kalo mau makan makanan enak tapi harga kaki lima atau warteg ya di 7-eleven itu.

  4. mau apapun bentuknya RITEL tetap RITEL RIbet&detail.
    yang membedakan tentunya bukan barang yang dijuaal,akan tetepi bagaimana melayani konsumen dengan cara yang lebih baik/excelence service.dan yang lebih baik tentunya dengan pegolahan SDM yang lebih baik,tidak semenna mena,bagaimanapun karyawan tetaplah yang terpenting.
    BRAVO RETAIL…………

  5. Apakah 7 Eleven mengakusisi Fuji Image Plaza? Gosip yang beredar bukan seperti itu, tetapi malah sebaliknya bahwa Modern Group akan sebagai local partner dari 7-Eleven. Dan seperti kita tahu Modern Group merupakan owner dari Fuji Image Plaza.

    Agree with Pak Bayou bahwa Retail is Details

  6. ok…welcome to 7-eleven

    apapun usaha yang akan dilakukan smoga bs msk ke jajaran retail di indonesia.meskipun agak lama dan sussah..apalagi ada 2 retail yang mendominasi tanah air (alfa & indo)..ada baik nya meniru ke 2 retail tsb,dr produck yang di jual,terutama pelayanannya..

    slmt berjuang 7-eleven

    di tunggu low na

    mmmmmmmmmmm bcanda ..x ja ada

  7. saya yakin berhasil 7 eleven buka di indonesia,agar barang2 lebih kompetitif lagi, yg untung yah konsumen kan? pengalaman membeli barang di 7 eleven Hongkong, tradisi pelayanan yg menyenangkan, sopan santun semoga diadopsi dan diterapkan ke Indonesia, jgn kaku seperti ritel yg lain. Berani coba jadi franchesee di Surabaya nih.

  8. Selama saya tinggal di Jepang 3 tahun lalu, 7-Eleven menjadi salah satu kombini (sebutan orang Jepang untuk convenience store) yang menjadi favorit saya. Apa saja tersedia, kecil tapi semua ada. Semoga tidak ada rintangan yang menjadi penghambat untuk membuka 7-Eleven di Indonesia. Siapa tahu, kombini lainnya yang ada di Jepang seperti Lawson atau Daily Yamazaki bisa buka di sini juga. (^-^)

  9. Dari informasi yang diterima, 7-Eleven Indonesia akan lebih mirip dengan yang di Jepang dibandingkan 7-Eleven di Kawasan Asia Tenggara.

  10. apapun yang terjadi diharapkan 7-eleven tetap harus buka di indonesia. karena dengan adanya persaingnan bisnis retail di bidang mini market maka perusahaan sejenis akan merasa tersaingi sehingga sebagai akibat dari itu masing2 perusahaan retail meningkatkan pelayanannya karena jika tidak mereka akan mati dengan sndirinya, karena customer sangat selektif memili tempat dimana dia akan membelanjakan uangnya. dengan demikian baru kelihatan Value atas pelayanan masing2 peretail sejenis. selamat datang 7-eleven.

  11. Ga yakin 7-11 bisa maju di indonesia??
    7-11 kayanya cuma musiman yg ga akan betahan lama di indonesia??yg uda berjalan aja ga bisa dimanage & dikembangin, apa lg kaya 7-11 yg jauh lebih RIbet & deTAIL…?????
    Mending gw belanja di pasar tradisional atau ALFAMART & INDOMARET aja yg jelas produk dlm negeri….uda pasti NGGA MAHAL!!!!

  12. klo mo makan kaki lima beli aja jajanan kaki lima, klo mo makanan warteg ya beli aja di warteg…
    kenapa hrs beli 7-11???warteg & jajanan kaki lima uda pasti jauh lebih murah kali…!!!
    SUPPORT PRODUCT dalam negeri donk!!!!
    Bikin kaya bangsa sendiri, jgn bikin kaya bangsa laen…
    Hidup WARTEG & JAJANAN KAKI LIMA

  13. mo makanan WARTEG ya beli di WARTEG, mo jajanan kaki lima ya beli di jajanan kaki lima…masa beli di 7-11???ga jelas..!!!
    CINTAI PRODUK DALAM NEGERI DONK…
    HIDUP WARTEG & JAJANAN PASAR

  14. Tahun 2008, Di Pondok Gede Bekasi ada 7D (Seven Days). Saya kira 7 Eleven awal berdiri. Tapi 7D sudah gak ada. Tinggal kiosnya doang. Saya perhatikan 7D gak laku. Saya tahu 7-Eleven di Hong Kong n Malaysia. Di sana mereka laku. Saya mau melamar kerja Nih. Tahu alamatnya gak?

  15. kalau menurut saya datangnya seven eleven ke indonesia membuat kemajuan besar karna slama ini orang di luar negeri lebih banyak belanja di seven eleven, jika ada kekurangan sesuatu.
    salah satunya seven eleven yg ada di afrika
    dia menggunakan sistem keamanan yg luar biasa canggih jk terjadi perampokan secara otomatis karyawan store tersebut memencet tombol dan pintu itu lansung di lock dan kaca yg dia gunakan adalah kaca khusus yg tidak bs pecah jika di lempar dgn benda sekeras apa pun,yg bisa membuka pintu itu hanya polisi.
    mungkin seven eleven hrs lbh banyak lg membuka cabang agar di kenal masyarakat luas
    dengan konsep yg lebih baik di bandingkan mini store lainnya

  16. setau gw (CMIIW)sekitar taon 90-an 711 udah pernah ada di jakarta. yg gw inget di wijaya center…….
    soal bertahan ato kaga 711 gw yakin umurnya gak akan lama…..

  17. Kalau saya bilang untuk pasar expatriad mungkin tapi kalau main untuk masyarakat indonesia mungkin kurang… kalah sama pemain lokal.. yang hampir tiap bulan buka gerai….

  18. izin coment dan butuh beberapa kritik dan saran . . . Sebenernya 7-11 ini mempunyai visi, misi, dan tujuan apa si di indonesia sendiri? dan apa si yang membuat berbeda dengan yang sudah ada. Trus masalah harga product yang di jual murah, bisa bersaing nggak buat pasar local. trus kira-kira berapa duit yang perlu kita keluarin buat beli franchisenya. Thank’s

  19. commentxa bgs”bgt, tp cm mengingatkan aja utk 7-eleven, klo emang mou buka di indo lihat”dulu gmn pasarnya,
    masyarakat indo lbh kenbanyakan ke SEC B,C,,, jd setidaknya bisa menjual product yang harganya utk semua tingkatan.
    but,welcome to 7-eleven.

  20. Usaha Waralaba Minimarket, Waralaba Gerai Minimarket, Waralaba Minimarket Indonesia, Waralaba Minimarket Terbaik, Waralaba Minimarket, Waralaba Ritel Minimarket, Bisnis Waralaba Minimarket, Info Waralaba Minimarket, Kerjasama Waralaba Minimarket, Usaha Waralaba Minimarket

    Bidang usaha yang relatif stabil adalah bisnis usaha retail minimarket. Di Indonesia usaha bisnis retail minimarket ini terus berkembang seirama dengan kebutuhan penduduk yang jumlahnya terus meningkat. Indomaret yang tetap konsisten berkecimpung di bidang retail minimarket dikelola secara professional. Ritail minimarket Indomaret telah teruji dan mendapat sambutan positif masyarakat, terlihat dari meningkat tajamnya jumlah gerai franchise waralaba minimarket Indomaret dari 2 gerai pada tahun 1997 menjadi 2.910 gerai pada Agustus 2013. Program franchise waralaba minimarket Indomaret yang tidak rumit terbukti dapat diterima masyarakat.

    Selengkapnya http://indomaret.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.