Jakarta Great Sale Untuk Siapa?

Seperti tidak mau kalah dengan negara tetangga Singapura yang mengadakan sale besar-besaran, Pemprov DKI katanya mengadakan Jakarta Great Sale dalam rangka ulang tahun kota Jakarta. Event ini diadakan biasanya di tengah tahun.

Kenapa saya bilang katanya mengadakan Jakarta Great Sale? Ya karena sejujurnya saya nggak yakin apakah pemprov ini yang mengadakan event ini, atau pemilik mall, atau siapa? Kalau seandainya Pemprov yang mengadakan apa peran dari pemerintah?

Apakah peran pemerintah sekedar mengintruksikan ke pemilik mall mengadakan diskon besar-besaran? Insentif apa yang diberikan pemerintah kepada para peserta? Kenapa kalau seandainya pemerintah berperan besar dalam event ini, pengurus APRINDO sampai mengeluh karena tidak ada insentif dari pemerintah?

Terlepas dari hal tersebut, event sale ini bagi para pengusaha seharusnya bisa menjadi oase ditengah keringnya daya beli masyarakat yang terpangkas habis. Inflasi boleh saja di angka yang rendah, tetapi jangan lupa bahwa nilai uang yang dipegang masyarakat saat ini sudah terjun bebas dititik yang sangat rendah, sehingga jumlah uang yang dipegang masyarakat mungkin meningkat [entah peningkatan gaji, bonus, gaji ke 13], tetapi tetap saja jika dibelikan barang akan mendapatkan hasil yang jauh berkurang dibandingkan tahun lalu.

Belum lagi dihajar suku bunga kredit yang ogah turun meski SBI sudah dipangkas habis. Dengan Jakarta Sale ini pengusaha berharap masyarakat kembali membuka dan mau mengeluarkan sebagian isi dompetnya. Terlebih di masa pertengahan tahun ini, hampir peak season berkumpul di tengah tahun, mulai dari penerimaan murid baru [berarti pengeluaran buat keperluan sekolah], dan jangan lupa musim yang selalu ditunggu yakni puasa yang jatuh di awal bulan agustus. Yang berarti di bulan Juli pula pengeluaran untuk persiapan puasa meningkat pula.

Buat siapakah Jakarta Great Sale ini? Bisakah menarik minat wisatawan asing ke Jakarta untuk buat duit? Untuk menjawabnya, perlu dilihat dulu, keuntungan apa yang membuat wisatawan asing datang ke Jakarta untuk memburu diskon? Kalau seandainya itu bisa terjawab, mudah juga untuk menarik wisatawan asing ke Jakarta Great Sale.

Jangan bandingkan dengan Singapore Great Sale, tanpa dipromo pun duit orang Indonesia secara otomatis tersedot ke negeri singa tersebut. Jalanan Orchad Road bisa seperti layaknya  Senayan CIty atau Plasa Senayan.

One thought on “Jakarta Great Sale Untuk Siapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.