Kenapa Harus Ke Singapore Great Sale?

Kalau pertanyaannya diajukan ke saya, sejujurnya saya juga tidak tahu jawabannya. Pernah saya tanyakan hal ini ke seorang teman, yang hobinya belanja dan termasuk kelas lumayan atas, paling tidak orang tuanya kalau dia sih biasa saja. Jawabannya karena pilihan modelnya lebih banyak dibandingkan dengan yang ada di Indonesia. Benarkah?

Mungkin ada benarnya, tapi menimbulkan pertanyaan juga kalau hal itu memang benar adanya. Misalnya saja, salah satu merek yang outletnya ada baik di Singapura maupun di Jakarta, benarkah assortment modelnya berbeda? Kalau seandainya berbeda, kenapa ya bisa berbeda? Bukankah penggila belanja di Singapore Great Sale itu berasal dari Indonesia? Jadi kenapa si pemilik brand tersebut tidak membuat assorment model di Jakarta sama dengan yang ada di Singapura? Atau karena bargaining position Branch Singapore mungkin lebih kuat dibandingkan yang ada di Jakarta. Terbayang kalau modelnya lebih komplet di Indonesia, matilah toko di Singapura.

Dari sisi harga, benarkah lebih murah? Saya tidak terlalu yakin dengan hal ini. Karena berbelanja di Singapura bagi orang Indonesia jelas mengeluarkan biaya tambahan, antara lain tiket pesawat pulang pergi Jakarta Singapura, biaya hotel dan akomodasi selama di Singapura. Kalau di Indonesia paling konsumen mengeluarkan uang parkir sama bensin.

Dugaan saya [karena sejujurnya saya jarang ke Singapura dan saya bukan dari golongan orang yang gila belanja] hal tersebut lebih karena faktor gengsi. Gengsi saat ditanya sama rekan kerja, beli dimana, oh beli di Singapur saat Sale kemarin. Murah-murah lho…. barangnya bagus-bagus lagi. Gimana nggak narcis kalau begitu.

Dan juga konon karena di Singapura, suasanya lebih enak. Mana ada orang kaya di Jakarta mau jalan kaki dari tempat satu ke tempat yang lain. Bisa jadi orang Jakarta yang tidak pernah jalan kaki di Jakarta, tiba-tiba betah menyusuri mal satu ke mal yang lain di Singapura. Kebersihan, keteraturan, disiplin, itulah nilai tambah yang didapatkan orang Indonesia di Singapura.

Jadi jangan heran kalau Singapore Great Sale itu lebih ditujukan ke wisatawan asing, terutama Indonesia, sedangkan Jakarta Great Sale lebih ke wisatawan lokal. Persamaannya cuma Singapura dapat rupiah, Indonesia juga rupiah yang didapat… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.