Indonesia Memilih . . .

Hari Rabu tanggal 8 April 2009 akan menjadi hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, terlebih lagi bagi Susilo Bambang Yudhoyono. Apakah akan menjadi Presiden Indonesia pertama yang memenangkan Pemilu Presiden secara langsung dua kali berturut-turut.

Atau kah Jusuf Kalla yang akan menjadi orang Makassar kedua yang menduduki jabatan Presiden, dan sebelumnya pernah menjadi Wakil Presiden, setelah B.J. Habibie. Atau Megawati yang akan mencetak sejarah menjadi satu-satunya Wanita Indonesia pernah menduduki jabatan Presiden?

Semua akan berpulang ke rakyat Indonesia. Mereka akan memilih yang terbaik tentunya menurut mereka. Meskipun hasilnya tidak mungkin memuaskan semua pihak.

Sedangkan kalau dilihat dari sisi yang paling memihak ke Pasar?

Semua Capres turun ke pasar, paling tidak pada saat kampanye. Mereka rajin sekali ke pasar untuk basa-basi. Meskipun begitu belum tentu kebijakan yang mereka ambil nantinya belum tentu memihak ke pasar. Terutama pasar tradisional, sebuah pasar yang penting tetapi sering tidak dianggap penting oleh pemerintah kalau dilihat dari sisi incentif yang diberikan pemerinah kepada para pedagang.

Ada Prabowo yang terlihat benar-benar membela pasar tradisional. Yang menjadi masalah adalah kalau seandainya dia benar-benar terpilih, akankah konsisten dengan programnya? Kalau memang bisa konsisten, dua jempol!

Bagaimana dengan SBY? Apa yang dia perbuat untuk para pedagang Pasar Tradisional? Masyarakat lebih bisa menjawabnya.

Jusuf Kalla? Seharusnya dia sangat pro pasar, karena dia sendiri seorang pedagang. Dia lebih tahu apa yang dibutuhkan oleh seorang pedangan jika ingin tetap survive di dalam pasar. Dari dasar tersebut dia bisa membuat program kebijakan untuk membantu para pedagang pasar tradisional.

So, Sudahkan Anda Memilih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.