Bom Jakarta, Akankah Berpengaruh Dengan Dunia Retail?

Jika pertanyaan itu diajukan kepada orang asing, pasti jawabannya adalah Ya. Tetapi jika ditujukan ke orang Indonesia asli adalah Tidak. Karena apa?

Ilustrasi Ledakan Bom

Apakah karena adanya bom orang akan mengurangi aktivitas keluar rumah terutama ke Mal? Mungkin satu dua hari hal ini akan terjadi. Tetapi begitu sudah melewati satu atau dua minggu, semua akan berjalan normal. Mereka lupa akan ledakan bom yang sudah terjadi.

Orang Indonesia lebih berani dari pada orang asing? Jawaban yang paling pas bisa jadi adalah karena orang Indonesia sadar bahwa Rejeki, Jodoh, dan MAUT adalah Rahasia Illahi yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Jangankan kena mati karena bom, orang berjalan kaki saja bisa tiba-tiba tertabrak mobil dan mati.

Itulah yang membedakan antara orang Indonesia dan orang asing.

Dan apakah Bom Jakarta kali ini akan berefek negatif ke dunia bisnis retail? Buat masyarakat bisnis retail, banyak masalah yang dihadapi selain dari pada bahaya bom. Daya beli yang terus menurun seiring seretnya penurunan bunga kredit perbankan. Harga-harga yang tak terjangkau oleh dompet masyarakat. Minimnya insentif dari Pemerintah ke dunia usaha retail, terutama pasar tradisional. Dan banyak hal lain lagi.

Even terdekat yang akan berlangsung di Jakarta adalah Jakarta Great Sale. Dengan karakter orang Indonesia seperti diatas dalam menghadapi situasi pasca pengeboman, saya pikir Jakarta Great Sale tidak akan terpengaruh ke masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Kalau berpengaruh ke turis asing yang diharapkan datang, mungkin saja. Karena pasti mereka takut untuk datang ke sini. Tetapi saya rasa tidak untuk orang-orang daerah yang mau ke Jakarta. Mereka yang memang sudah berniat berburu diskon di Jakarta Great Sale ini, pasti tidak peduli dengan adanya bom tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.