Mobile Phone, The Gadget Killer

Posted by mobile phone:
Saya memang menyebutnya demikian, Mobile Phone menjadi gadget pembunuh bagi gadget yang lain. Kenapa demikian? Tidakkah terlalu ekstrem?

Handphone mejadi pembunuh bagi pemutar musik semacam tape compo, walkman, dan mp3 player. Dengan handphone pemutar musik, orang lebih cenderung personal dalam mendengarkan musik. Sebelumnya orang lebih narsis dalam peralatan audio, tampilan fisik yang besar keren dengan suara yang menggelegar. Tapi dengan hanphone, kebiasaan itu berubah dan otomatis peralatan audio generasi sebelumnya termasuk mp3 player perlahan mulai mati.

Tapi, disisi lain juga menimbulkan peluang bisnis baru lagi yakni bisnis ringbacktone. Artis yang sebelumnya mengandalkan penjualan album, sekarang mulai mengejar pendapatan dari ringbacktone.

Handphone juga secara tidak langsung menggerogoti bisnis kamera digital. Memotret jadi lebih mudah dan murah. Bahkan tidak perlu mencetak lagi. Pasang di facebook sudah cukup. Mungkin tidak akan bisa menggantikan secara total fungsi kamera digital, tetapi cukup merubah kebiasaan orang. Yang tidak tergantikan pasti adalah segmen kamera SLR, dikarenakan banyak fungsi yang belum terakomodasi oleh Handphone.

Dan, gadget terakhir yang pelan tapi pasti menjadi korban adalah netbook. Kenapa saya bilang demikian? Banyak orang membeli netbook karena cuma untuk berselancar di internet. Kalau buat kerja, spesifikasi yang dipunyai netbook kurang menunjang. Tetapi sekarang, browsing, chatting, semakin mudah dan murah dengan handphone.

Kedepan, siapa lagi yang jadi korban? Mungkin ebook reader.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.