Jalan Sabang Lebih Manusiawi

Jika anda sudah lama tidak menginjakkan kaki di Jalan Sabang dalam beberapa bulan terakhir, cobalah langkahkan kaki anda sekarang juga. Niscaya anda akan mendapatkan suasana yang sedikit berbeda.

Yang paling mencolok adalah menyingkirnya para penjual makanan yang biasanya menguasai sebagian besar trotoar yang ada di jalan Sabang, yang mengakibatkan ketiadaan lahan parkir dan juga menutupi akses ke toko-toko permanen yang sebelumnya sudah ada di Jalan Sabang.

Kemanakah mereka menyingkir? Ada beberapa “penampung”. Salah satunya adalah Kawasan Kuliner BSM, yang mengambil tempat di salah satu gang di samping gedung Wisma Mandiri dimana disitu terletak Kantor Pusat Bank Syariah Mandiri. Dinamakan Kawasan Kuliner BSM karena sponsor terbesar dikawasan itu adalah Bank Syariah Mandiri, disamping ada juga Indosat.

Sebetulnya kawasan itu tidaklah seratus persen penampung pedagan yang ada di Jalan Sabang. Penjual di Kawasan Kuliner BSM sebagian besar adalah pedagang di area yang sama, cuma sekarang kawasan itu ditata lebih rapi. Dan pasti uang sewa juga meningkat. Kurang lebih 500 ribu perbulan harus dikeluarkan pedangang untuk mendaptkan tempat di areal tersebut.

Selain pedagang asli, juga pedagang dari Jalan Sabang, cuma konon karena tempat yang disediakan lebih kecil dari tempat dagang mereka semula, banyak pedagang Sabang yang enggan untuk menempati tempat baru tersebut. Alhasil, kawasan tersebut ramai hanya saat  istirahat jam kantor saja. Sedangkan keramaian Sabang di malam hari belum sepenuhnya pindah ke sini.

Selain di kawasan tersebut ada juga tempat “pindahan” yakni tanah kosong yang ada disamping Restoran Padang Natrabu. Disitu ada Soto Ceker Bu Gendut, Bakmi Roxy, dll. Mereka inilah yang sebagian besar memang sebelumnya menempati trotoar jalan Sabang.

Yang  jelas kawasan itu menjadi contoh bagaiman kebijakan pemerintah dalam menata suatu kawasan tidak selalu menggusur rakyat kecil.

One thought on “Jalan Sabang Lebih Manusiawi

  1. I’m not that much of a online reader to be honest but your sites really nice, keep it up! I’ll go ahead and bookmark your website to come back later. Cheers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.