Electronic Solution Serious in Bandung

Electronic Solution, salah satu Electronic Chain Store pada tanggal 1 April 2010 kemarin secara resmi hadir di Istana Plaza Bandung. Kehadiran Electronic Solution di Istana Plaza ini menunjukkan keseriusannya menggarap pasar Electronic di Bandung. Karena cabang di Istana Plaza ini merupakan cabang ke 3 Electronic Solution di Kota Bandung.

Kesan serius ini muncul tak lain karena 1 bulan sebelumnya di kota yang sama Electronic Solution juga sudah meluncurkan outletnya yang ke dua yakni di Bandung Indah Plaza.  Sebelumnya mereka sudah hadir di IBCC. Waktu yang cukup dekat antara pembukaan outlet yang satu dengan yang lain di kota yang sama menunjukkan bahwa mereka berburu waktu dalam menggarap pasar Bandung.

Potensi untuk Electronic Chain Store di Kota Bandung sendiri masih cukup terbuka, karena pasar sendiri sebelumnya masih didominasi atau identik dengan toko-toko elektronik yang berlokasi di Jalan ABC. Dan pemain modern store yang lain belum begitu begitu serius menggarap market disini. Lebih cenderung “yang penting ada”. Meskipun ada juga  pemain traditional store yang mencoba untuk menggarap konsumen kelas menengah atas, yakni Login Store yang terletak di Jalan ABC juga. Toko yang displaynya cukup modern dan luas menjadi tantangan tersendiri bagi Electronic Solution.

Bagi masyarakat  Jakarta mungkin sudah terbiasa berbelanja barang elektronik di toko-toko modern, tetapi belum tentu di daerah. Butuh waktu untuk mengedukasi mereka. Bahwa berbelanja di toko modern memberi keuntungan tersendiri. Tempatnya jelas lebih nyaman, pengetahuan Sales Person jauh melebihi toko tradisional, kelengkapan product line up ,fasilitas kredit, ketiadaan surcharge 3%. Yang menjadi masalah adalah apakah harga barang di toko modern bisa bersaing dengan di tradisional?

Jika harga sudah bisa bersaing, yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah apakah kelebihan berbelanja elektronik di toko tradisional?

8 thoughts on “Electronic Solution Serious in Bandung

  1. Jangan pernah beli barang di electronic solutions

    Kami membeli AC dan Mesin cuci sharp tgl 17 april 2010 dan dijanjikan tgl 19 april pengiriman dan 20 april untuk installasi AC. ternyata tgl 19 april 2010 kami mendapat pengiriman hanya mesin cuci saja. itu pun dilakukan jam 8 malam.. sedangkan ACnya dijanjikan tgl 21 april 2010 pengiriman pertama. ditunggu-tunggu sampai jam 15.32 kami belum menerima barang kami. Kami coba telp ke sana dan berbicara dengan ibu Lina dan dijelaskan bahwa AC nya dalam keadaan rusak/reject dan kalo kami tetap mau barang tersebut dikirim hari ini mereka akan mengirimkan barang yang reject tersebut.

    Saya membeli di ES itu AC baru dan mulus bukan barang reject/rusak. Apa ES juga menjual barang yang reject? dan yang paling lucu, harusnya mereka memberitahu saya hari seninnya bahwa ACnya rusak dan tidak bisa dikirim. knp harus sampai hari Rabu (21/4) baru mengabarkan ke saya? mereka terus menunda pengiriman dengan menjanjikan ke saya besok akan dikirim. Tp saya sudah tidak percaya dan sudah capek protes kesana lagi.

    Kami membeli barang AC bukan untuk dipajang, yang pengirimannya bisa terserah dia kapan aja dia mau. walaupun stock barangnya gak ada tetap bisa mereka jual karena toh pengirimannya terserah mereka. Kami membeli AC karena kami butuh itu!!!

  2. Terima kasih banyak Bu Liani atas sharing pengalamannya. Semoga Manajemen Electronic Solution dapat memberikan solusi yang lebih baik.

  3. Wah saya rencana mau membeli product di electronic solution,tp sy liat postingan costumer kecewa begitu..tolong deh untuk pelayanan lebih ditingkatkan lg..supaya antara pihak penjual dan pembeli bisa saling menguntungkan..mungkin pihak electronic solution sudah berusaha untuk tidak mengecewakan costumer,tp apa mau dikata mungkin dr pihak supplier yang kurang memperhatikan kondisi barang dan kondisi kebutuhan customer shingga membawa efek negatif kpda electronic solution..

  4. saya beli tv,sebelum lebaran dan sepakat barang dikirim tgl 5 sept’11 dan akan dipasang tgl 6sept ’11.
    alhamdulillah barang sdh dikirim tgl 5 sept,tetapi renc pemasangan tgl 6 sept ’11 seperti yg dijanjikan,sampai hari ini tgl 7sept’11,blm ada beritanya.
    Tlg ES,kpn mau dipasang?,tks

Leave a Reply