FMCG Online Store, kapankah?

Sampai sekarang saya sering merasa heran, kenapa ya tidak ada (mungkin sudah ada tetapi saya belum tahu) sebuah toko online yang menyediakan kebutuhan harian, mingguan, atau bulanan?

Di bayangan saya, jika masa belanja kebutuhan bulanan tiba, seperti beli sabun, shampoo, pasta gigi, pampers, kecap, sambal, atau mie instan, saya tidak perlu repot-repot pergi ke hypermarket atau minimarket dekat rumah. Cukup klik toko online, pilih barang, bayar, sdh tinggal tunggu barang datang. Simple. Kalau masalah waktu mungkin yang anda habiskan antara belanja offline sama online sama. Tetapi jelas, anda hemat BBM, parkir, bebas macet, bebas antrian kasir.

Sering para ahli mengatakan barang yang layak dijual secara online adalah barang standarnya mudah diukur, misal barang-barang elektronik, buku. Padahal kalo kita perhatikan secara seksama, barang-barang yang umumnya dijual di hyper atau minimarket pun standar ukurannya sama. Jadi disini seharusnya tidak ada masalah dengan barang yang dijual.

Siapakah potensial pemainnya? Yang paling berpeluang sebenanya minimarket. Ambil contoh Alfamart. Dengan jumlah toko yang terus bertambah dan dengan lokasi yang tersebar, sumber daya ini potensial untuk menjadi titik distribusi. Misal saya beli lewat toko onlinenya Alfamart, mereka akan bisa mendeteksi kira-kira saya berada dekat dengan Alfamart cabang mana. Dari titik situlah barang nanti diantar.

Dan dengan lonjakan pengguna internet di Indonesia, terlebih seperti di Jakarta, potensi bisnis ini sungguh besar sekali. Sayang para pemain besar dan lama, belum melirik ke arah sini.

Anda berminat?

4 thoughts on “FMCG Online Store, kapankah?

  1. FMCG online store sudah digarap oleh oriflame
    salah satu perusahaan asal swedia yg menyediakan kebutuhan sehari-hari
    tapi masih bersifat non-food
    misalnya sabun, shampoo, dll

    adapun program penjualan mereka adalah melalui dBC yg masih menggunakan sistem MLM juga. kayaknya penjualan oriflame klasik

    produk yg dijual pun masih terbatas produk buatan oriflame tersebut
    jadi tidak akan kita temukan shampoo merk lain disini

  2. awal tahun 2000 pernah ada yg buat ecommerce utk FMCG http://www.lipposhop.com, sayang pada saat itu masyarakatnya belum terlalu melek digital, karena kecenderungan orang-orang yg masih butuh melihat barang yg akan dibelnjakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.