Potensi Kendala Online Store di Indonesia

Ada gejala yang menarik di dunia online Indonesia, belanja online. Kecenderungan ini banyak ditangkap oleh pengusaha kecil yang banyak mengunakan Facebook sebagai media pengganti Online Store berbentuk Web.

Pengusaha kecil ini memang bergerak lebih lincah dibandingkan para pengusaha besar yang terkesan “wait and see” di online store. Bisa jadi pengusaha besar ini berhati-hati dengan resiko. Mereka mungkin  tidak ingin senasib dengan LippoShop yang sangat ambisius di masa awal pertumbuhan Internet di Indonesia, dan akhirnya tererembab.

Di sini dan mungkin beberapa tulisan ke depan, saya ingin menyoroti kendala-kendala yang mungkin timbul
bagi online store.

Mobile Version
Pengguna internet di Indonesia memang meningkat tajam akhir-akhir ini. Tapi yang patut diwaspadai adalah peningkatan Internet User ini ada pada sisi Mobile User dimana mereka menggunakan Mobilephone untuk berselancar di dunia maya. Hal ini didorong penurunan yang signifikan harga paket data yang ditawarkan operator selular.

Kenapa peningkatan mobile user ini saya masukkan sebagai potensi kendala? Ya karena jika kita berselancar di dunia maya dengan Mobilephone ada ketidaknyamanan mengakses karena faktor layar yang kecil tersebut.

Dan saya kira masih banyak online store yang belum mempertimbangkan untuk versi mobilenya. Belum lagi orang yang menggunakan internet terutama dengan mobilephone ternyata menggunakannya untuk mengakses social media, facebook dan twitter, dimana jumlah pengakses kedua social media tersebut yang berasal dari Indonesia jumlahnya cukup signifikan.

Tidaklah heran karena orang Indonesia memang suka sekali berkerumun, bercengkerama, dan kebiasaan ini terbawa juga ke dunia maya lewat Facebook, twitter, dan BBM.

Makanya banyak orang berjualan di Facebook karena tidak memerlukan kemampuan teknis yang tinggi dan teman-temannya bekumpul di tempat tersebut.

(bersambung)

4 thoughts on “Potensi Kendala Online Store di Indonesia

  1. Saya sendiri sampai saat ini masih bertanya-tanya seputar dunia online store. Di Indonesia, cukup mudah dan amankah ketika kita melakukan jual beli secara online?

    Karena masih kurangnya informasi dan bekal dalam hal tersebut, bahkan saya belum berani menerjunkan diri ke dunia online store. Padahal blog saya seperti http://hargahargatabletpc.blogspot.com/ mempunyai potensi dan pengunjung yang cukup banyak. Hanya saja saya belum berani ambil resiko.
    Bagi yang punya pengalaman boleh sshare dong..hhe..

  2. Sekarang memang jamannya semua serba online. Bahkan kini Anda bisa menganalisa tulisan Anda secara online yang dihubungkan dengan kepribadian dan potensi masing-masing.
    Hipnoterapi Jogja memberikan alternatif layanan konsultasi dan terapi untuk berbagai macam keluhan. Termasuk analisa tulisan tangan dan penanganan masalah-masalah emosional lainnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.