Tanggung Jawab Sosial Retailer

Seorang teman yang berprofesi sebagai dosen, satu waktu mengunggah sebuah foto rak yang berisi jajaran botol minuman keras di sebuah minimarket. Dia mengeluhkan kenapa minimarket itu bisa begitu bebas menjual minuman keras yang berlokasi tidak jauh dari kampus perguruan tinggi itu.

Sangat bisa dipahami, kegalauan hati Sang Dosen tadi. Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan, setiap harinya mengajarkan nilai-nilai kebaikan. Dan pasti, salah satunya adalah menjauhkan mahasiswanya dari pengaruh minuman keras. Dan disaat yang sama, minimarket dengan bebasnya menjual minuman keras di lingkungan pendidikan. Ini menjadi sebuah ironi. Bagaimana tangung jawab sosial sebuah minimarket terhadap lingkungannya?

Tidak adakah self censorship?

Ada beberapa cara retailer saat menjual miras. Ada yang menempatkan di satu rak khusus dan menempatkan di salah satu sudut. Ada juga yang menempatkannya bersama dengan barang-barang lain, tetapi berada di bagian bawah dan tidak terlalu mencolok. Hanya konsumen yang sering membeli saja yang bakal tahu letak botol-botol miras tadi.

Yang paling ekstrem adalah saat konsumen yang sebagian besar kaum muda di beri tempat untuk menikmati miras tadi di minimarket tersebut.

Kenapa ekstrem?

Bagaimana tidak ekstrem, dengan minum miras di tempat yang begitu terbuka berbagai macam resiko bisa timbul. Bisa terjadi keributan, atau malah membuat remaja yang tidak tersentuh miras sebelumnya, menjadi tertarik untuk mencobanya.

Akan lebih baik dan bijaksana, baik itu pemerintah maupun minimarket itu sendiri punya kebijakan membatasi penjualan miras baik itu dari sisi lokasi penjualan, atau usia konsumen.

3 thoughts on “Tanggung Jawab Sosial Retailer

  1. “Hanya konsumen yang sering membeli saja yang bakal tahu letak botol-botol miras tadi”

    Bukankah lebih baik jika tidak usah menjual miras saja sekalian.

  2. I see a lot of interesting content on your blog.
    You have to spend a lot of time writing, i know
    how to save you a lot of work, there is a tool that creates unique,
    google friendly posts in couple of seconds, just type in google
    – k2 unlimited content

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.