SPAR Ekspansi Ke Indonesia

Sebuah Retailer asal Belanda yakni SPAR, dengan menggandeng PT. Ramayana Lestari Sentosa Tbk, akan membuka outlet pertamanya di Indonesia pada akhir tahun 2014 ini.

Belum jelas apakah outlet tersebut konversi dari salah satu cabang Ramayana yang sekarang, atau benar-benar baru.  PT. Ramayana Lestari Sentosa Tbk saat ini mengelola 3 brand yakni Ramayana, Robinson, dan Cahaya. Berdasarkan rilis dari Spar-International.com, konsep yang akan diusung ke Indonesia kemungkinan besar adalah multiformat strategy.

SPAR sendiri merupakan multiformat retailer asal negeri Belanda  yang didirikan oleh Adriaan van Well.  SPAR mempunyai beberapa format toko, seperti Hypermarket, Supermarket, Express.

Pada saat pertama kali berdiri, awalnya menggunakan brand DE SPAR,  Door Eendrachtig Samenwerken Profiteren Allen Regelmatig (English: through united co-operation everyone regularly profits). Tetapi setelah mulai berkembang di beberapa negara, mereka menghapus DE, sehingga akhirnya tinggal SPAR saja. Dalam bahasa Jerman, spar sendiri bisa berarti “to save [money]”.

Kehadiran SPAR semakin mempertegas bahwa pasar retail Indonesia benar-benar menarik bagi retailer asing. Dengan jumlah penduduk yang besar, dan kelas menengah yang semakin tumbuh, mata retailer asing semakin menyorot potensi bisnis di Indonesia. Bagaimana dengan pemain lokalnya sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.