Kebijakan Aneh Indomaret Card

Kejadian ini saya alami hari Selasa Tanggal 23 September 2014 di Indomaret Stasiun Sudirman. Saya bermaksud Top Up Indomaret Card. Bukan pertama kalinya saya melakukan top up di tempat ini. Kalau tidak salah yang ke dua kalinya.

Pada saat mau melakukan Top Up, kasir Indomaret memberitahu bahwa untuk top up ada syarat minimal yakni minimal 50 ribu, dan melakukan pembelian satu item barang. Terus terang saya kaget untuk syarat yang kedua.

Sempat saya tanyakan sejak kapan aturan itu berlaku? Karena 2 minggu sebelumnya saat saya top up tidak ada aturan itu. Si Kasir hanya diam tidak menjawab, akhirnya saya urungkan niat untuk top up. Karena saya memang tidak ada niat beli barang apapun saat itu. Niat saya memang hanya Top Up. Mungkin saya akan gunakan isinya sampai habis, setelah itu saya tidak mau pergunakan lagi.

Sebenarnya saya jarang menggunakan Indomaret Card ini, terpaksa saya beli karena tidak mau repot nyari uang kecil saat bayar di Tol. Berhubung untuk dapat E-Toll Card rada susah [saya sudah coba nyari di beberapa gerai retail tapi entah kenapa persediaannya sering tidak ada. Entah habis atau tidak pernah di supply lagi oleh Bank Mandiri/Jasa Marga]. Selain untuk bayar tol, Indomaret Card ini saya pergunakan juga untuk bayar E-Ticketing Commuter Line, kebetulan selama bulan September 2014 pengguna E-money Bank Mandiri, Tap Cash BNI, dan Brizzi BRI mendapatkan diskon 1000 rupiah setiap kali melakukan transaksi.

Saya kurang tahu, aturan itu dari kantor pusat Indomaret atau kebijakan outlet itu sendiri. Jika kita lihat di Website Bank Mandiri selaku penerbit E-Money Indomaret Card ini tentang tata cara isi ulang, hal tersebut diatas tidak ada:

http://www.bankmandiri.co.id/article/mandiri-indomaret-card.asp
Bagaimana cara isi ulang (top up) Indomaret Card?

Nasabah dapat melakukan transaksi isi ulang (top up) Indomaret Card di EDC mandiri prabayar, mandiri e-Banking, mandiri internet, mandiri SMS, mandiri ATM) atau secara tunai di Cabang Bank Mandiri dan seluruh outlet Indomaret.

Khusus untuk transaksi isi ulang (top up) melalui mandiri e-Banking, pemegang kartu harus melakukan Update Saldo di EDC mandiri prabayar, kecuali di ATM Non-Tunai yang telah dilengkapi reader dapat langsung meng-update saldo kartu isi kartu langsung bertambah).
Berapa biaya/fee yang dikenakan untuk transaksi isi ulang Indomaret Card ?

Saat ini isi ulang Indomaret Card atau mandiri prabayar lainnya tidak dikenakan biaya (dapat berubah sesuai ketentuan yang berlaku).

Kejadian lucu dan aneh juga pernah dialami seorang teman di Tangerang. Di Indomaret saat hendak melakukan pembayaran, dia mengeluarkan kartu Alfamidi yang berbasiskan Flazz Card BCA. Kontan kasir Indomaret menolak menerima pembayaran dengan kartu Flazz Alfamidi tadi.

Sungguh aneh penolakan tadi, karena pada dasarnya kartu tadi adalah sama yakni kartu flazz dari BCA. Toh pada intinya, Indomaret menerima uang pembayaran dari konsumen entah dengan apa si konsumen membayar. Endingnya sama dengan saya tadi, teman saya membatalkan transaksinya tadi.

Padahal kalau dilihat dari sudut pandang yang lain,  dari situ juga bisa membuktikan bahwa Indomaret bisa menarik konsumen Alfamidi.

 

43 thoughts on “Kebijakan Aneh Indomaret Card

  1. Memang Indomaret rada-rada aneh. Saya pernah ingin membayar tagihan listrik dan telepon di Indomaret. Ternyata kalau mau membayar tagihan tersebut disini harus menggunakan kartu Indomaret.

    Padahal kalau membayar tagihan listrik dan telepon di minimarket saingannya, Alfamart bisa langsung ke kasir. Bahkan biaya admin tagihan listrik termasuk termurah.

  2. Setelah kejadian di Stasiun Sudirman, saya coba tanya di cabang lain, ternyata kebijakannya berbeda. Kemungkinan besar itu kebijakan toko masing-masing ….

  3. sy barusan 8 maret 2015 di Indomaret Jatake Tangerang mau isi ulang e-toll card mandiri tidak bs debit mandiri hrs cash. Itu pun kata kasir skrg kena biaya Rp.1000. dr fenomena tsb sy lihat sbb:
    1. Ad bbrp cab.indomaret yg MALAS utk mlakukan bbrp tranksaksi yg mnurut staf toko tdk mnguntungkan bwt mrk.
    2. Sdh ga nguntungin mrk, mrk jg yg hrs direpotin. Tambah MALES kan mrk
    3. Namun utk ttp bs mlayani mrk mau uang cash. Krn tdk perlu cairin uang hasil debit kartu tsb.
    4. Sdh konsumen suruh pake duit cash mrk minta biaya 1000 sbg ongkos direpotin. krn pikirnya 1000 is nothing bwt konsumen yg kepepet (ky sy). Itung aja sndr ad brp konsumen per hari itu sbg “tambahan” bwt kasir.
    5. Bs disimpulkan ini hny MENTAL MALAS, AKAL-AKALAN & KORUPSI kecil2an staf Indomaret.
    Dr pgawai kelas kasir aja udh diajatin korupsi 1000 perak. Kebayangkan yg diatasnya gmn? Ga percaya? Masih inget kasus kembalian dbwh 500 perak yg slalu dganti permen sm kasir Indomaret? Atw modus kembalian bwt amal/sosial?
    Sedih lah pd cari duit dg NIPU & KORUPSI ky gt…Mhn pd byk komen di medsos biat kasus ini ke blow up. Mdh2an bs menghentikan KEJAHATAN pelayanan tsb.

  4. Hari ini saya juga mengalami kasus serupa. Dan lagi-lagi di indomaret stasiun sudirman. Kasir yang bertugas seorang laki-laki. Dia mengatakan untuk isi ulang e-money 50.000, harus membayar 51.000.
    Semoga komentar saya ini dibaca oleh pihak indomaret. Saya khawatir hal ini adalah akal-akalan kasir yang bertugas. Lebih baik dirumahkan saja kasirnya, daripada mencoreng nama baik indomaret.

  5. batasan buat top up indomaret card tidak ada batasannya trus tidak pakek belanja juga . mungkin karyawan tersebut kurang faham tentang e – money / idm card tersebut .

    terima kasih.

  6. Saya ber pengalaman sama, buka masalah 1000perak nya tapi di” TIPU” nya yang tidak bisa di terima, nanti kedepannya tidak ada lagi yang mau pakai eTOLL krn tidak praktis.

  7. Memang kontrol dari pihak Mandiri selaku penerbit kartu masih sgt kurang ditambah sosialisasi yang minim pula. Sehingga banyak customer e-toll justru merasa direpotkan pada saat top up.

    Menurut saya cara yg paling mudah ialah dgn cara top up langsung di gerbang tol paling kiri ( Top up tunai E-toll ). Selagi bayar tol langsung suruh petugas untuk top up.

  8. Wah saya juga sama, kemaren isi ulang kartu E-toll card mandiri di Indomaret di ruko Newton, gading serpong, kena biaya Rp 1000,- kata kasirnya. Melihat komen di-atas, pantesan dia hanya terima cash, kalau dari mandiri debit pasti tidak kena biaya soalnya.

  9. Hanya untuk meluruskan saja…memng benar apabila ada yg top up kartu e-toll atau e- maney itu kena cash 1000. Rupiah..uang itu bukan untuk kasir..istilah kata itu adalah uang administrasi ,,uang itu masuk kekomputer bukan masuk kantong kasir..kecuali anda top up kartu indomaret card..itu tidak kena cash..1000 rupiah itu udh peraturan perusahaan…

  10. Malem minggu kemarin saya beli E-toll di Indomaret minangkabau juga ga bisa adanya kartu indomaret saja. saya jadi bingung bukannya sekarang e-toll sudah bisa dibeli di indomaret, alfamart, alpamidi alpaexpres mungkin pelayannya kurang paham kali ye…

  11. E-toll tidak di jual di minimarket mbak … dan ngisi E-toll kena cas 1000 itu sudah kebijakan bank mandiri buat administrasi. Demikian semoga bermanfaat

  12. Pak, e-money bank Mandiri itu mencakup e-toll, bayar parkir, listrik dll. Produk dr e-money itu berupa e-toll pas doang ( yg cm dijual di tol atau di cab bank mandiri dan ada juga e-money indomaret card ( bisa e-toll, byr belanjaan dll ).
    Jadi kata siapa e-toll ga dijual di minimarket ? Indomaret, alfamart, alfamidi sy rasa termasuk minimarket hehe

  13. kalo voucher e toll card bisa di pakai tidak untuk pembayaran transaksi di giant atau carrefour?

  14. Apapun alasannya isi e-toll card kena cas itu gak bener
    Harusnya indomaret minta biaya administrasi ke jasa marga, bukan ke konsumen.
    Salam

  15. mau ikut curhat deh, kmrn karyawn kami sebanyak 200 org dapet E money yang katanya Mandiri bisa untuk belanja di Alfarmart Alfamidi Indomart < tapi ternyata tidak semua kasir retail tersebut mau menerima atau paham cara pemakaian E money. Yang jadi pertanyaan apakah memang ada tanda ataupun ketentuan bahwa retail A atau B yang bisa menerima E money ?

  16. Saya beli kartu emoney di alfamart tanpa saldo dan mereka tdk bisa ngisi saldo. terus saya top up 100rb dgn ebanking. sesuai petunjuk di web mandiri saya update saldo di Indomart. ternyata tidak bisa. mau simpel malah ribet.

  17. sampai saat ini saya pengguna aktif e-money mandiri… untuk top-up di toko retail(indomaret dan sejenisnya) wajar apabila di kenakan biaya. karena mereka tidak mendapatkan apa-apa dari aktifitas top-up kita.

    selama ini sih lebih nyaman top-up via sms banking di *141*6# , atau bisa top-up menggunakan internet banking mandiri. Jangan lupa setelah top up melakukan update saldo di atm. dan apa bila update saldo di minimarket, maka harus ada pembelian.

  18. wah….klo ane gan… di indomart gondrong petir tangerang … ga pake 1000 klo topup pake indomart card.. apalagi kudu belaja… , jd sampe saat ini aman gan… , ane turut prihatin buat agan yg mengalami cas 1000, logikanya kita nyimpen di rekening bank mandiri atas nm card indomart. dr hal tsb untung buat mandiri secara langsung menambah modal tuh bank…. klo card debit ada bunganya yg untung customers. klo card dr indomart yg untung siapa yah…? orang bank pasti paham dah… ada perjanjian sama retail…. pasti income,…. kali aja agan ada yg bisa bantu menjelaskan lebih detail…

  19. Belanja pake indomaret card malah lebih lama di kasir,, nomor kartu di ketik manual, setelah print out keluar dari edc, di catat lagi sama kasir, apa-apaan,, niatnya beli indomaret card biar cepet malah lambat,…

  20. Sekedar meluruskan

    bagi pengguna E-money (Etoll, Idm card etc)
    Kebijakan pengenaan biaya Fee Rp. 1000 itu sudah ada sejak Februari 2015.
    Dan itu berlaku jika pelanggan top-up menggunakan Cash.
    Kenapa bisa kena biaya Fee?
    itu dikarenakan pelanggan tdk menggunakan debit sendiri, jadi pihak mandiri memberikan kartu TBM untuk indomaret yg limit saldonya itu 20jt/hari/idm. So, sudah beruntung anda tidak py debit mandiri tp masih bisa topup. selain itu, biaya transfer dr debit ke kartu etoll anda. blm lagi pekerja bank. kalau difikir kenapa kita yg hanya topup gak bisa maklum.
    soal topup pelanggang yg mengharuskan pelanggan belanja ketika topup idm card itu semata mata trik dr Area Supervisor masing2 toko idm untuk meningkatkan sales idm card mereka.
    Buat yg gak sabar pake emoney, etoll, idm terus blg malah ribet n lama. itu dikarenakan ada beberapa mekanismenya. yg gk kenal mekanisme diem aja. Simpelnya menggunakan emoney itu pelanggan gak perlu ngeluarin dompet dan ngitung duit terus ambil kembalian yg kadang receh.

    Saran Ketika TopUp

    Ketika TopUp mintalah struk topUp dari kasir. Bukan Struk dr EDC mandiri.
    lihat, apakah biaya Rp. 1000 itu ada di struk. kalau ada, itu jelas tidak masuk ke kantong kasir.

    Jadi sekali lagi, semua ada mekanisme dan kebijakan-kebijakan tertentu maupun dari pihak perusahan ataupun dr pihak bank.

    untuk flazz, pihak idm tidak memiliki tbm bca untuk topup flazz. jd topup bisa dilakukan jika pelanggang mempunyai debit bca sendiri.
    jika anda pengguna flazz Alfa, sudah dipastikan ditolak.
    coba anda perhatikan NO BIN pada kartu emoney, idm card, dan etoll. mereka mempunyai angka ke 7 dan 8 yg berbeda beda. eMoney 40 Idmcard 60 dan Etoll 10
    nah system bank akan membedakan transaksi mana yg paling banyak dan pembagian keuntungan dr masing2 kartu itu berbeda2.
    sama seperti flazz, memiliki no yg berbeda2. dan memiliki pembagian kentungan yg berbeda2. nah klo flazz alfa sering dipake di idm bukankah alfa untung juga dr IDM.

    semoga bermanfaat

  21. Makanye klo ape2 kudu teliti sebelon berkoar yang akhirnye menunjukkan kebodohan kite,
    Bener kate yg diatas ane, setelah topup minta struk indomaretnya bukan cuman struk edc-nya, karna disitu pasti ade tulisan 1000-nye plus nominal topup anda.
    Dan perlu diketahui cas itu berlaku awal 2015 (sekali lagi bener kate yg diatas ane) karna ane mantan karyawan indomaret, dan saksi hidup ditoko ane waktu ngasirin dapet email berupa pemberitahuan untuk topup e-money dan e-toll dikenakan biaya sebesar 1000 (tidak berlaku untuk idm card gan)
    Dan klo agan Indonesia Retail ane meyakini 1000% itu ulah anak toko tersebut gan, karna topup tidak perlu belanja, mungkin biar penjualan toko tsb meningkat

  22. ooo… baru tau kalo topup emoney yang brand “emoney” sama “etoll” kenak 1000. huehuehue. soalnya selama ini nggesek sendiri maupun digesekin nggak pernah ada charge apapun.

  23. Klo emang kebijakan 1000 rupiah itu emang sdh aturan. Knp kasir gak ngasih struk kasir yg ada tambahan biaya 1000? Kenapa kudu konsumen yg minta? Trus kalo yg 1000 itu bisa masuk kantong pribadi knp bukan diwajibkan ajah pake struk kasir? Kebijakan yg aneh mnrt sy

  24. Udah lah uang 1000 anggap saja kita beramal. Ngak usah di perdebatkan. Sdangkan mobil yang kita bawa harganya jauh lebih mahal. Klu memang seandainya betul ada oknum indomart yang berbuat begitu sebaiknya kita mendoakan untuk mereka agar bertobat. Tp 1000 menurut saya hampir tidak ada nilainya. Dibandingkan dengan manfaatnya.

  25. Ini orang pada su’udzon aje sama kasir. Mereka itu kerjanya cape lo, harus teliti banget. Salah salah mereka yg dipotong gaji.

  26. Sepakat tuh sama mas ali, saya orang ritel, kebijakan perusahaan seringkali memang tidak bisa di tolak karyawan, nah sayangnya banyak kebijakan minimarket itu di tambahin dengan ulah oknum jadilah citra kasir buruk padahal gak semuanya jelek

  27. Heheehee bayar parkir 2000 minta struk juga sist/bro..

    Simple aja lah.. biar lah 1000 perak klw mmg utk administrasi sistem. Wajar pake listrik,server,koneksi internet, pake tenaga orang /kasir buat gesek.

    Klw yang gk wajar boleh kita, komplain…
    Harus beli item barang/kebijakan lain yang tidak sesuai.

    Tapi Mantappp bikin rameee blog nya hehehe

  28. Mantaps…ada yg bikin blog ada juga yang comment.dri ini kita yg bodoh jdi mengerti kan..dari pada bodoh diem aja kan gan? mendingan berkoar,bodo bodo juga kan jadi tau.dripada bodoh ngotot sama kebodohannya itu parah.ini namanya kebodohan yg berkelanjutan,awas penyakit.hrs konsul ke psikiter neeh.heee…yg jelaas kita yg ga mengerti setelah di beri pengertian kita jg hrs ngertiin, tpi ngertiin buat hal2 yg memang masuk di akal ya ga gan? tpi sulit jg sih ngasih pengertian buat org2 yg ga pny akal, ga akan masuk gan.cape2 ngasih penjelasan,tpi ngotot sm kebodohannya..

  29. Sekedar nambahin aja. Untuk top up e toll memang ada admin 1000 rupiah. Kadang kali konsumen tidak meminta struk Dr komputer memang tidak dikasih langsung itu bukan karena mau dikorupsi tpi biar konsumen yg Lin ngga kelamaan lama nunggunya. Jadi saat memasukkan data top up Dr struk edc ( baca cash in) setelah tidak ada antrian. KalO ada yg berfikir uang 1000 itu di korupsi salah besar gan. Ada variant , penggantian, dan tagihan.

  30. Mau nanya dong, saya barusan bikin indomaret card, tapi ga diminta ngisi form atau ditanyain apa2..nah begitu saya tanya, kok ga ngisi apa2 mbak? Cuma dikasih kartu yg udah diisi saldo sama petugasnya gitu, petugasnya cuma senyum ga jelas sama bilang nggak, nah terus sama mas idm yg di sebelahnya, juga bilang nggak ngisi apa2 soalnya udah otomatis…

    Lah otomatis darimana kan saya ga ngisi apa2 kan? Jawabnya nanti kalau isi ulang baru ngisi gitu…Lah saya juga tanya apa harus isi ulang di indomaret? Ga bisa di atm? Jawab masnya cuma di indomaret??

    Kok…ribet ya? Apa bener gitu?

  31. E toll card mandiri itu kayanya harus beli di bank mandiri. Kalo di indomart ya pasti mau untung juga,jual nya cuma indomart card. Memang waktu beli ga perlu ngisi apa2. Terus kalo mau isi ulang di atm juga bisa,ada caranya di buku kecil yg kita dapet. Kalo mau isi ulang di atm,yg ada tanda e-money,wrna kuning biasanya.

  32. Hanya sekedar meluruskan,
    1. Untuk biaya top up e-money/e-toll memang ada fee Rp. 1000. Tapi itu memang sudah ketentuannya. Bukan sengaja disimpan untuk kasirnya. (Tidak berlaku intuk indomaret card)
    2. Anda bisa top-up menggunakan debit mandiri milik sendiri dan tidak dikenakan fee.
    3. Untuk top up harus belanja terlebih dahulu? Setau saya tidak ada peraturan seperti itu. Mungkin disini ada kesalahpahaman.
    4. Struk top-up tidak diberi? Masalahnya, Jika top up memakai kartu mandiri dari toko indomaret, setelah ditop-up di Edc, kasir juga harus transaksikan dikomputer (Transaksi dikomputer ini yang dikenakan fee), Kalau antrian panjang, itu bikin lama. Makanya terkadang kasir hanya memberi struk EdC saja. Bahkan terkadang ada yang langsung pergi tanpa menunggu struknya. Lain halnya top up menggunakan debit mandiri pribadi. Hanya perlu transaksi diEdc saja (tanpa dikenakan fee).
    5. Bikin Idm card gak diminta untuk isi form? Seharusnya diminta, karena sekarang, untuk pembelian kartu Idm, harus disertai top-up juga (min. 50rb – mak. 1Juta). Nah setelah top up diEdc, lalu ditransaksikan di komputer kasir biasanya muncul formnya. Itu wajib diisi. (Sebaiknya anda bawa KTP/SIM agar lebih praktis)

    Kalau ada salah kata atau penjelasan, yang lebih tau, tolong diperbaiki lagi. Thanks.

  33. top up rekening ponsel tidak masuk.
    struk sudah keluar
    nominal 1200rb.
    saya komplen ke indomaret
    suruh ke bank niaga nya saja
    dari bank niaga kataanya salah indomaret.
    ya Allah saya konsumen jadi seperti bola mainan…..
    ada yang bisa bantu saya…..?????

  34. Hanya klarifikasi, dari komentar sebelumnya. Menurut saya, untuk pengisian form saat membeli idm card itu tidak wajib, form data hanya untuk pengundian point idm card. Jika anda merasa tidak membutuhkan/ kurang penting, ya tidak masalah.. Silahkan gunakan kartu E-Money sesuai fungsi yang anda butuhkan. Tks

    Untuk persyaratan & kegunaan idm card, bisa kunjungi halaman berikut:
    http://indomaret.co.id/utama/kartu/indomaret-card.html

  35. topup Etoll Emoney bayar 1000
    topup Indomaret card gratis
    plis jadilah konsumen yg pandai, cari info dulu sebelum komentar tidak benar.

  36. Ane pengguna indomart card, di gunain cuma buat e-toll aja. Ngak kena biaya yg 1000 rupiah tuh.
    Cuma pas awal pembuatannya setau ane pernah di minta email dan no hp sama petugas indomart buat konfirmasi pembuatan e-toll.
    Indomart card mempermudah bukan mempersulit.

  37. Di sekitaran sukahati cibinong , stasiun bojong gede sydah 3 tahun saya tinggal dari juli 2014 fak pernah bisa top up e toll ,e money…kalo gak butuh buat tol ama kereta dah saya buang dah….

  38. Hehehe..bayar parkir liar pinggir jalan atau di ruko biasa, bayar 2000 apa juga minta struk?
    Kadang miris lihat manusia cma melihat celah negatif dibanding manfaatnya..

  39. Lucu sic sama orang yg gtw sistem dan prosedur se olah” tw semua nya…

    Masa iya flazz alfa buat blnja di infomaret ..wkwkk situ waras

  40. Timbang kluar sribu atw gopek doang aja dah bnyak kicau, tpi blanja d tmpat modern. Pernah g lo jdi kasir? Malu tuh kantong lo pada. . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.