Kelemahan Kebijakan Pelarangan Minuman Beralkohol di Minimarket.

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel melarang penjualan minuman beralkohol golongan A dijual di minimarket. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 06/M-DAG/PER/1/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap Pengadaan, Peredaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol.

Kebijakan ini patut diacungi jempol, mengingat bahaya yang timbul dari minuman beralkohol ini sangat fatal dan lokasi minimarket yang begitu dekat dengan masyarakat terutama anak-anak.

Tapi bukan berarti aturan ini tanpa celah sama sekali. Karena Seven Eleven yang selama ini “dianggap minimarket” sebenarnya izinnya bukan minimarket. Jika merujuk pada berita di sini, izin usaha Seven Eleven adalah rumah makan bukan minimarket.

Kenapa izinnya rumah makan? Minimarket dengan luas 400m2 masuk dalam Daftar Negatif Investasi alias terlarang bagi asing untuk masuk di sektor ini. Bagaimana dengan restaurant? Nah di disini cerdiknya Seven Eleven,  mereka masuk sebagai restaurant, meskipun tampilannya seperti minimarket pada umumnya.

Tapi jika kita cermati, Food and Beverage space di Seven Eleven cukup luas jika dibandingkan minimarket biasa, apalagi jumlah kursi dan mejanya. Ini yang membedakan dengan retailer lain.

Seven Eleven memang berhasil menarik konsumen muda terutama yang suka nongkrong, tapi duitnya tidak terlalu banyak, dan lucunya ada guyonan, jika mau belajar ‘minum’ ya ke Sevel…

One thought on “Kelemahan Kebijakan Pelarangan Minuman Beralkohol di Minimarket.

  1. hey gan,,, ayo segera gabung ???
    poker 88,situs poker online indonesia uang asli,situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,poker online indonesia
    jangan sampai ketinggalan .. di KartuKeren kamu bisa mendapatkan keuntungan besar:
    Bonus 100% untuk setiap Deposit Dan Tidak Hanya itu saja. .
    BONUS Special kami melakukan Withdraw + BONUS 10% dan Deposit 3x BONUS 10%
    Bonus Referral sebesar 20%
    ayo langsung daftar aja sebelum promonya di tutup
    Klik Di sini http://www.mentaripoker.com/mentaripk/index.php

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.