Matahari Mall & Foodmart Primo, Dua Mainan Baru Lippo Group

Salah satu raksasa retail Indonesia, Lippo Group, baru-baru ini secara berturut-turut meluncurkan bisnis baru di ranah retail tanah air. Yang satu di industri yang relatif baru yakni Online, dan satu lagi di supermarket kelas premium.

MatahariMall.com

Mengusung nama Matahari yang sudah dikenal publik, Lippo Group mencoba menawarkan konsep unik yang belum banyak disentuh oleh pemain online shop yang lain yakni O2O, Online to Offline.

Maksud dari O2O, setiap pembelian melalui MatahariMall.com konsumen dapat membayar dan mengambil barangnya di 131 cabang Matahari Department Store di seluruh Indonesia.

Sebuah terobosan menarik walaupun banyak tantangan dalam penerapannya nanti. Baik secara sistem maupun manajemen konflik di internal sesama retail yang ada di dalam Lippo Group itu sendiri.

Nilai investasi yang digelontorkan Lippo Group sangat besar yakni 6 triliun rupiah, dan menargetkan $1 Miliar pendapatan dalam dua tahun ke depan. Sebuah target yang ambisius di industri yang baru merangkak ini.

MatahariMall.com akan menjadi pesaing baru bagi pemain yang sudah terjun lebih dulu seperti Lazada, Zalora, Blibli, dan, Elevenia.

Foodmart Primo

Retail baru berikutnya milik Lippo Group, adalah Foodmart Primo, supermarket kelas premium yang ditujukan terutama buat komunitas ekspatriat yang banyak tinggal di kawasan Lippo Village Karawaci.

Foodmart Primo ini bentuk lain dari Foodmart yang sudah lebih dulu ada yakni Foodmart reguler dan Foodmart Gourmet. Nilai investasi per outlet pun 3x lebih besar yakni sekitar 30 milyar yang meliputi bangunan, lay out, dan inventory.

Kota-kota lain yang bakal dituju adalah daerah-daerah konsumen kelas atas untuk kota Surabaya, Medan, dan Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.