E-Commerce Indonesia, Siapa Unggul?

Pertarungan di jagad E-commerce Indonesia akhir-akhir ini semakin seru. Setiap 1-2 bulan sekali muncul pemain-pemain baru dengan berbagai macam konsep yang berusaha beda dengan yang sudah ada.

Pemain teranyar di pasar online ini adalah Lippo Group dengan Mataharimall.com. Yang kehadirannya seperti menantang pelaku yang sudah dulu masuk ke dunia daring ini. Sebut saja pioneer dunia belanja online yakni bhinneka.com.  Kemudian raksasa online lazada.co.id dan zalora.co.id.

Ditambah lagi Operator Telecom seperti XL Axiata yang hadir dengan elevenia.co.id. Retailer dari negeri sakura pun tidak ketinggalan ke Indonesia yakni rakuten.co.id yang sudah bercerai dengan MNC Group.

Siapa yang unggul?

Mari kita telusuri dari satu sisi saja, jumlah pengunjung web. Penulis mencoba mengambil data dari similarweb.com yang menyajikan data pengunjung web secara gratis. Similarweb.com melakukan estimasi berapa pengunjung web dalam kurun waktu satu bulan.

Dari jumlah pengunjung ini paling tidak kita bisa memperkirakan toko online mana yang menarik pengunjung terbanyak.

Berikut ini jumlah pengunjung beberapa Toko Online ternama selama satu bulan Agustus 2015

  1. Lazada.co.id  – 48.3 Juta
  2. Tokopedia.com – 11.2 Juta
  3. Bukalapak.com – 9.1 Juta
  4. Bhinneka.com – 4.2 Juta
  5. Elevenia.com – 3.9 Juta
  6. Blibli.com – 3.2 Juta
  7. Zalora.co.id – 1.9 Juta
  8. Rakuten.co.id – 310 ribu
  9. MatahariMall.com – 250 ribu

Daftar diatas sangat mungkin berubah, terlebih dengan agresifitas pemain baru seperti mataharimall.com yang baru berumur beberapa minggu hingga baru mendapat pengunjung 250 ribu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.